Prak 02 – Menganimasikan Elemen Shape

A. Tujuan


Mengeksplore possibilities dalam menganimasikan elemen shape

B. Alat
  • Powerpoint 2016
C. Bahan
  • Geometric Shape (bebas)


D. Dasar Teori
Lingkungan menyediakan banyak materi yang patut untuk dipelajari. Pada lingkungan sekitar dapat dijumpai berbagai macam bentuk yang mempunyai nama, ciri, ukuran, fungsi, dan sebagainya. Definisi bentuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Ayobai: 2013) adalah rupa atau wujud yang ditampilkan. Hampir sama dengan arti dan makna bentuk menurut Grafika (Ayobai: 2013) yaitu macam rupa atau wujud sesuatu, seperti bundar elips, bulat segi empat dan lain sebagainya. Sependapat dengan pernyataan Grafika dalam Ayobai, bentuk diartikan Sherly Yoona (2013) sebagai wujud, bangun atau rupa. Bentuk-bentuk yang terdapat di sekitar berasal dari bentuk atau pola dasar geometris (lingkaran, kotak, dan segitiga). Lebih lanjut Muhammad Fadli (2013) menjelaskan bahwa bentuk dalam pengertian bahasa, dapat berarti bangun (shape) atau bentuk plastis (form). Dari beberapa pengertian di atas, bentuk adalah wujud, bangun atau rupa yang mempunyai pola dasar lingkaran, kotak, dan segitiga

Bangun Datar Adalah bangun yang rata dan mempunyai dua dimensi yaitu panjang dan lebar tetapi tidak mempunyai tinggi dan tebal. Dalam kehidupan sehari-hari, mengambil contoh bangun datar harus mengabaikan ketebalannya (seolah-olah tidak mempunyai 15 ketebalan) karena pada dasarnya kebanyakan benda di sekitar setipis apapun kalau dilakukakan penelitian pasti mempunyai ketebalan. Seperti selembar kertas atau koran. Bangun datar ditinjau dari segi sisinya dapat digolongkan menjadi dua, yakni bangun datar bersisi lengkung (lingkaran dan elips) dan lurus (segitiga, segiempat, segilima,segienam).

Bangun Ruang Adalah bangun yang rata dan mempunyai tiga dimensi yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Banyak benda di sekitar yang bisa disebut bangun ruang, misalnya almari yang berbentuk balok, kotak kapur yang berbentuk kubus, kaleng yang berbentuk tabung dan sebagainya. Berikut nama-nama khusus bangun ruang, kubus, balok, tabung, limas, prisma, kerucut, dan bola.

E. Tugas Praktikum


1. Animasikan posisi dari sebuah Geometric Shape
2. Animasikan rotasi dari sebuah Geometric Shape
3. Animasikan skala dari sebuah Geometric Shape
4. Buat animasi bebas menggunakan Geometric Shape dan ceritakan properti apa saja yang dianimasikan
F. Hasil Praktikum
1. Animasi Posisi


2. Animasi Rotasi



3. Animasi Scale


4. Animasi Bebas

G. Kesimpulan
Pada praktikum ini kami diajarkan untuk membuat animasi geometric shape dari PowerPoint, bentuk geometri seperti segitiga, segi empat, segitiga, lingkaran, dan sebagainya. Awalnya merasa kesulitan untuk membuat animasik dengan software power point karena tools nya berbeda dengan yang ada pada software After effect. Tetapi ternyata di Power point sudah ada pilihan animasi namun tidak bisa membuat animasi sesuai keinginan kita jadi terlihat kaku. Fitur animasi di PPT cukup lengkap dan disediakan berbagai macam pergerakan otomatis, kita hanya memilih dan sedikit mengatur waktu munculnya. Tugas yang pertama adalah menganimasikan geometric shape dengan animasi posisi. Di sini saya menggunakan animasi "fly in", dimana objek dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain secara horizontal atau vertikal dan lain semacamnya. Saya mengubahnya menjadi bergerak dari arah kiri ke kanan. Yang kedua adalah menganimasikan geometic shape dengan animasi rotasi. Di sini saya menggunakan animasi "spin", dimana objek akan berputar di satu tempat. Yang ketiga adalah menganimasikan geometric shape dengan animasi skala. Di sini saya menggunakan animasi "zoom", dimana objek akan mengecil dan membesar. Yang terakhir, adalah dengan animasi bebas. Saya menggunakan 3 elemen yaitu posisi, rotasi, skala, serta transisi warna. Pada praktikum ini, saya tidak memiliki kesulitan untuk membuat animasinya, namun saya tidak menemukan ide untuk memadukan shape demi shape dalam pembuatan animasinya. 
H. Referensi
1. Zunita Andriani, “PENINGKATAN PEMAHAMAN BENTUK GEOMETRI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA ANAK KELOMPOK B TK KKLKMD KUWON BAMBANGLIPURO BANTUL”, diakses pada tanggal 15 Oktober 2017 http://eprints.uny.ac.id/14703/1/Zunita%20Andriani_09111244042.pdf 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prak 10 - Finishing Story Board

Prak 04 - Rangkuman Materi Design Thinking

Prak 11 - Membuat Story Board Animatic