Prak 16 - Kegunaan Animasi dan Prospek Kerja Animator

Animasi adalah sederetan gambar ilustrasi bersambung yang tersusun secara berurutan dan bila kemudian ditampilkan secara bergantian, akan menimbulkan sebuah ilusi gambar yang bergerak. Ilusi gerak tercipta karenaadanya pola penglihatan yang teratur pada mata manusia (persistence of vision), mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai suatu pola.

Jenis-jenis Animasi
A. Animasi Berdasarkan Kategori
1. Motion Graphics Animation
Motion Graphics Animation merupakan jenis animasi yang dibuat dengan menggunakan Software-software Komputer Grafis berbasis animasi dan Composing Fx.




Character Animation merupakan jenis animasi yang dibuat khusus untuk menggerakkan atau menghidupkan model-model objek karakter, bisa berupa manusia, hewan, robot, dan unsur objek lain yang bisa dihidupkan

Facial Animaton merupakan jenis animasi yang model objeknya dikhususkan pada karakter-karakter berupa manusia, hewan, robot, dan unsure lainnya. Tetapi objek yang digerakkan hanya bagian wajah dari karakter yang dimaksud.
x
Mulai dari Doraemon, Shin Can, Dragon Ball, Spiderman, Hingga Avenger, semua adalah produk animasi. Animasi adalah kumpulan banyak gambar atau frame yang diurutkan dan diperlihatkan dengan cepat sehingga menghasilkan ilusi gerakan. Gambar atau frame tersebut dapat berbentuk gambar digital, handsketch, model atau boneka. Kalau anda senang dengan Shaun The Sheep, itu adalah salah satu hasil animasi model atau boneka.
Orang yang membuat animasi dikenal sebagai animator. Animator biasanya bekerja dalam lingkup animasi dua dimensi (2D) maupun tiga dimenasi (3D), stop frame maupun animasi komputer. Animasi komputer pada saat ini adalah yang paling berkembang dan banyak digunakan untuk menghasilkan special effect untuk film-film, dua film paling terkenal yang menggunakan teknologi animasi tingkat tinggi adalah film Avatar (bukan Aang) dan Lord of The Ring, dan tentu saja Transformer. Selain digunakan dalam film-film, teknik animasi adalah fitur utama dalam pembuatan sebuah game komputer.
Jika kamu ingin menjadi seorang animator, maka kemampuan dasar dan vital yang harus kamu miliki adalah kemampuan dasar artistik, dan penunjang yang juga sangat penting pada saat ini adalah kemampuang penggunaan program-program komputer.
Tugas seorang Animator biasanya terdiri dari:

  1. penghubung dengan klien dan mengembangkan animasi dari konsep mereka;
  1. menciptakan storyboard yang menggambarkan naskah dan narasi;
  1. menggambar atau membuat sketsa 2D, karya seni atau ilustrasi;
  1. merancang model, latar belakang, set, karakter, objek dan lingkungan animasi;
  1. menggunakan berbagai bahan, termasuk tanah liat, plester, cat minyak, cat air dan akrilik;mengembangkan waktu dan kecepatan gerakan karakter atau objek selama urutan gambar (disebut animatic) dan memastikan mereka mengikuti soundtrack dan persyaratan audio;
  1. menggunakan paket perangkat lunak teknis, seperti Flash, 3d studio max, Maya, Lightwave, Softimage dan Cinema 4D;
  1. membangun dengan akurat dan rinci frame-demi-frame visual;
  1. merekam dialog dan bekerja dengan editor untuk komposit berbagai lapisan animasi (latar belakang, efek khusus, karakter dan grafis) untuk menghasilkan potongan utuh;
  1. bekerja untuk tenggat waktu produksi tertentu untuk memenuhi kebutuhan komersial klien;
  1. bekerja dalam tim sebagai bagian dari jaringan produksi yang lebih luas, yang mungkin termasuk berhubungan dengan percetakan, copywriter, fotografer, desainer, eksekutif, desainer website atau spesialis pemasaran;
  1. berurusan dengan budaya bisnis yang beragam, memberikan presentasi dan mencari dana.


Banyak dari aktifitas animator melibatkan upaya pemasaran dan bersikap proaktif dalam menjual ide-ide  kreatif untuk menarik calon pelanggan dan klien. Hal ini berlaku di seluruh bidang, baik Anda bekerja sendiri, bekerja lepas atau sebagai pebisnis.
Seorang animator memiliki banyak peluang kerja, terutama dalam bidang industri animasi dan perfilman, industri periklanan dan broadcasting, industri game, industri web dan internet serta arsitektur dan properti.
x



2. Character Animation 
3. Facial Animation
4.Morphing Animation
Morphing Animation Merupakan suatu jenis animasi yang menvisualkan suatu gerak perubahan bentuk model objek, yaitu perubahan bentuk model objek yang satu menjadi bentuk model objek yang lain. syarat terjadinya animasi morphing adalah model  objeknya menggunakan lebih dari satu dimana masing-masing objek bentuknya berbeda, tetapi memiliki persamaan jumlah vertex dan polygon.
5. Architecture Animation
Architecture animation merupakan suatu jenis animasi yang model objeknya berbentuk bangunan gedung (Exterior maupun interior) yang dibuat dalam bentuk 3 dimensi

B. Animasi Berdasarkan Teknologi
1.Clay Animmation
suatu jenis animasi yang model objek dan propertinya dibuat dengan menggunakan tanah liat atau lilin mainan melalui proses pematungan, dimana setiap pose dan adegan dari karakternya direkam satu per satu dengan menggunakan kamera dan hasil dari perekaman beberapa pose akan menghasilkan animasi clay .
2. Cell Animation
Suatu jenis animasi yang model objek gambar dan propertinya dibuat secara konvensional dengan menggunakan gambar tangan.contoh film yang menggunkan cell animation antara lain Mickey Mouse, Tom and Jerry, Scooby Doo, Lion King dan masih banyak yang lainnya.
3.Computer-Assisted Animation
suatu jenis animasi yang model objeknya bisa berbentuk 2D ataupun 3D, dan proses pekerjaannya menggunakan komputer.
4. Puppet Animation
Suatu teknik animasi yang dibuat dengan menggunakan alat bantu puppet atau boneka yang dimainkan sedemikian rupa lalu direkam dengan menggukan kamera sehingga tercipta sebuah animasi gerakan boneka.
5. Silhoutte Animation (Animasi Bayangan)
Suatu teknik animasi yang dibuat dengan menggunakan latar belakang layar yang terang (putih), dimana objek karakter atau figure digerakan dengan mendapat pencahayaan dibelakang layar, sehingga hasilnya berupa gerakan bayangan objek.

C. Animasi Berdasarkan dimensi
1. Animasi 2D
jenis animasi yang model objeknya berbentuk 2dimensi, yang objek gambar dibuat dengan menggunakan layar dua sudut pandang yang mewakili lebar layar(kiri kanan), dan tinggi layar (atas bawah).
2. Animasi 3D
jenis animasi yang model objeknya berbentuk 3dimensi, yang dibuat dengan menggunakan layar 3 sudut pandang yang mewakili gerakan, kiri kanan, atas bawah, dan maju mundur.

Fungsi Animasi
1. Sebagai Media Hiburan antara lain, film, game digital, Video Klip.
2. Sebagai Media Promosi antara lain, Iklan TV, Company Profile, Marketing Video.
3. Sebagai Media Pembelajaran antara lain Tutorial, CD Interaktif pembelajaran/
4. Sebagai Media Presentasi antara lain Konsep Visual, Gagasan, Presentasi arsitektur.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prak 10 - Finishing Story Board

Prak 04 - Rangkuman Materi Design Thinking

Prak 11 - Membuat Story Board Animatic