Prak 01 - Logo 3D 360 (Turn Table Animation)

A. Tujuan

Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.

B. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16

C. Bahan

Logo PENS. 

D. Dasar Teori

1. Perbedaan antara animasi 2d dan 3D
Animasi 2D menggunakan koordinar x dan y, sedangkan animasi 3D menggunakan koordinat x,y, dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata.
Animasi 2D
Animasi jenis ini juga biasa disebut dengan film kartun. Kartun sediri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Contohnya adalah : Lonney Tunes, Tom and Jerry, Doraemon, dan lain sebagainya.
Animasi 3D
Animasi 3 dimensi adalah pengembangan dari animasi 2d. Dengan animasi 3d, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya.
Contohnya Finding Nemo, The Incredible, Toy Story, Monster Inc, sampai Final Fantasy. Disini kita bisa melihat perbedaan visual jika dibandingkan dengan animasi 2d. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3d atau Computer Generated Imagery (CGI).
2. Pengertian tracing
Tracing merupakan sebuah istilah yang sedang marak digunakan di dunia desain, untuk itu saya ingin menjelaskan pengertian dan apa maksud sebenarnya dari Tracing. berikut adalah penjelasannya.


Tracing, berawal dari kata trace, yang bermaksud menelusuri atau penelusuran. Dalam grafis, tracing bermakna menggambar ulang dengan memakai acuan/patrun. Bila disederhanakan berarti menjiplak gambar.
Tracing adalah teknik penggambaran cepat, baik secara manual atau digital. Tracing adalah jawaban untuk tuntutan proses produksi yang berpacu dengan waktu.

Tanpa tracing, clean-up artist di studio Disney akan kewalahan menyeragamkan style gambar. Tanpa tracing, barangkali tak akan ada printing tekstil, screen printing, atau air brush style sekalipun.

Proses pecah warna pada printing tekstil butuh tracing, menggambar motif pada kain batik butuh kemampuan tracing, sampai untuk masking airbrush sekalipun dibutuhkan kemampuan tracing.

Dari keterangan singkat ini bisa kita simpulkan, pengertian tracing tidaklah sesempit arti menjiplak seperti yang kita bayangkan.

3. Perbedaan membuat animasi 2d di flash dengan cinema 4D
Pembuatan animasi di Adobe Flash tidak dapat memperhitungkan kedalaman ruang dan ketebalan objek. Untuk membuat animasi dapat bergerak juga bergantung pada tween yang digunakan pada tiap frame. Sedangkan, pembuatan animasi di Cinema 4D perlu memperhitungkan kedalaman ruang dan ketebalan objek. Untuk pergerakan animasi juga lebih mudah namun lebih spesifik (detail) sehinga perlu banyak bagian yang harus diperhatikan. Namun pilihan di tiap toolsnya lebih banyak dan bervariasi sehingga animasi yang dibuat dapat lebih baik jika dibandingkan dengan Adobe Flash.

E. Tugas Praktikum

Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian

F. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

7. Hasil Praktikum



8. Kesimpulan

Pada praktikum pertama ini saya membuat animasi 3D sederhana dengan efek turn table 360°. Pertama, saya melakukan proses tracing logo PENS terlebih dahulu. Kemudian, saya menyimpannya dengan versi Ai v8. Lalu saya melakukan praktikum sesuai dengan petunjuk praktikum. Alhamdulillah saya tidak menemui kendala pada saat pengerjaan praktikum ini.
9. Referensi
Perbedaan Animasi 2D dan 3D, diakses pada tanggal 15 Mei 2018
Pengertian Tracing, diakses pada tanggal 15 Mei 2018
Perbedaan Membuat Animasi 2D dengan Flash dan Cinema 4D, diakses pada tanggal 15 Mei 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prak 10 - Finishing Story Board

Prak 04 - Rangkuman Materi Design Thinking

Prak 11 - Membuat Story Board Animatic