Prak 13 - Produksi Animasi 2D (1)

A. Tujuan
   Memulai produksi animasi 2D untuk branding komunitas animasi

B. Alat
  • Laptop
  • Adobe Illustrator
  • Adobe After Effect

C. Bahan
      - Animatics Animasi Community dari kelas 2 MMB A



      - Beberapa Gambar Vector Berikut:














D. Dasar Teori
Storyboard adalah suatu sketsa gambar yang disusun secara berurutan sesuai naskah cerita. Dengan storyboard maka pembuat cerita dapat menyampaikan ide cerita secara lebih mudah kepada orang lain, karena dengan storyboard maka pembuat cerita dapat membuat seseorang membayangkan suatu cerita mengikuti gambar-gambar yang sudah tersaji, sehingga dapat menghasilkan persepsi yang sama dengan ide cerita yang di buat. Storyboard juga dapat di artikan sebagai naskah yang di sajikan dalam bentuk sketsa gambar yang berurutan, berguna untuk memudahkan pembuatan alur cerita maupun pengambilan gambar.

Adapun tahap pembuatan animasi adalah sebagai berikut:
1. Storyboarding
Storyboard membantu untuk menyelesaikan pengembangan alur cerita, dan merupakan tahap penting dari proses animasi.Hal ini terdiri dari gambar dalam bentuk komik strip, dan digunakan untuk kedua membantu memvisualisasikan animasi dan untuk mengkomunikasikan ide-ide jelas.
2. Animatics
Dalam rangka memberikan ide yang lebih baik dari gerak dan waktu urutan animasi yang kompleks, departemen pra-visualisasi dalam studio VFX menciptakan mock-up sederhana yang disebut "animatics". Atau intinya Storyboard yang telah kita buat, kita scan dan diberi SFX untuk membuat rekayasa karya yang nanti akan dibuat.
3. Produksi
Membuat video animasi berdasarkan storyboard yang telah dibuat.

E. Tugas
    Membuat Animasi dari Animatics Kelas 2 MMB A

F. Hasil praktikum


G. Kesimpulan
Setelah mengerjakan tahapan animatic, selanjutnya tugas kami adalah membuat produksi animasi. Kami mendapat tugas dari dosen kami yaitu membuat produksi video animasi dengan bahan animatics dari kelas 2 MMB A. Setelah kami mendapat video animatic dari teman kami, kami agak shock dengan video yang kami dapat. Karena hanya terdapat 14 panel storyboard dan sedikit variasi, sehingga ketika melihat video tersebut dengan tanpa suara, kami tidak paham dengan video tersebut, karena variasi desain setiap panelnya hampir tidak ada perbedaan.
Dalam pembuatan produksi animasi ini kami menggunakan video animasi logo yang sudah kami buat sebelumnya, selain itu kami juga memanfaatkan asset gambar yang sudah terdapat di internet, sehingga kami tinggal mengedit sedikit beberapa animasi nya pada adibe illustrator, lalu kami drag pada adobe after effect. Setelah itu kami memberikan effect pada animasi tersebut di adobe after effect. Pada praktikum kali ini, kami masih mengerjakan video animasi sebanyak 4 panel.

H. Referensi

“Pahamilah Pengertian Storyboard Dan Fungsinya” http://www.pengertianku.net/2017/10/pengertian-storyboard-dan-fungsinya.html

“Proses Pembuatan Animasi 2D” https://www.kaskus.co.id/thread/548445b2dc06bdb07a8b456b/proses-pembuatan-animasi-2d/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prak 10 - Finishing Story Board

Prak 04 - Rangkuman Materi Design Thinking

Prak 11 - Membuat Story Board Animatic