Prak 02 - Camera Path, Lighting and Material

A. Tujuan

Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

B. Alat


Adobe Illustrator CC

Maxon Cinema 4D R16

C. Bahan

hasil praktikum sebelumnya

D. Dasar Teori

1. Perbedaan Motion Guide pada Flash dengan Camera Path
Motion guide pada adobe flash, merupakan garis / jalur pergerakan yang kita buat untuk menghubungkan posisi objek dari frame satu ke frame lainnya. Camera path pada cinema 4D merupakan jalur camera dimana camera dapat mengarah ke objek walau sedag dalam perubahan posisi (bergerak).
2. Perbedaan Physical Sky dan Area Light
Pysical sky merupakan elemen latar belakang pada cinema 4D dimana keadaan background yang menyerupai keadaan langit dapat disesuaikan dengan tangal dan waktu. Area light merupakan bagian pada cinema 4Dyang digunakan untuk memberikan tambahan pencahayaan dan dapat disesuaikan intensitas beserta arah dari cahaya tersebut, sehinga cahaya dapat menerangi bagian objek yang diinginkan sesuai dengan tingkat pencahayaan yang ditentukan.
3. Pengertian Material beserta Contohnya
Material biasanya ditambahkan pada akhirpembuatan animasi, bagian ini digunakan untuk menyempurnakan presentasi dari animasi yang telah dibuat. Terdapat beberapa elemen pada material yakni color, diffusion, luminance, transparency, enviroment, bump, fog, dll.

E. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
    1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
    2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

F. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum




G. Hasil Praktikum



H. Kesimpulan

Pada praktikum kedua ini, saya menambahkan pergerakan kamera, pencahayaan dan pewarnaan. Saya juga belum menemukan kesulitan dalam praktikum ini karena saya mengikuti petunjuk praktikum yang ada.

I. Referensi

Dasar Teori, diakses pada tanggal 15 Mei 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prak 10 - Finishing Story Board

Prak 04 - Rangkuman Materi Design Thinking

Prak 11 - Membuat Story Board Animatic