Prak 04 – Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using AE (Part 3)

A. Tujuan

Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.

B. Alat

Adobe Illustrator CC

Maxon Cinema 4D R16

C. Bahan

hasil praktikum sebelumnya

D. Dasar Teori

1. Jelaskan fungsi secondary Assets
Secondary assets berfungsi sebagai objek sekunder yang dapat dianimasikan berbeda dan diletakkan secara terpisah dengan objek utama. Sehingga dalam proses animating dapat lebih mudah untuk membedakan animasi secondary assets dengan obejk utama.

2. Jelaskan fungsi F-Curves
F-Curves digunakan untuk mengatur kecepatan objek baik untuk memperhalus maupun mempercepat namun dengan langkah yang lebih mudah karena dapat mengedit kecepatan objek objek terpilih secara bersamaan.

E. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
    1. Tambahkan secondary Assets
    2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
    3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves

F. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum




G. Hasil Praktikum

Tampilkan screen record dari praktikum ini

H. Kesimpulan

Tuliskan kesulitan yang kalian hadapi dan solusi yang kalian gunakan

I. Referensi

Dasar Teori, diakses pada tanggal 15 Mei 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prak 10 - Finishing Story Board

Prak 04 - Rangkuman Materi Design Thinking

Prak 11 - Membuat Story Board Animatic