Prak 14 - Mengubah Mock Up dalam Bentuk WordPress menggunakan Divi Builder

1. TujuanMengubah Mock Up Desain Web menjadi HTML menggunakan Wordpress2. AlatWordpress 3. BahanMock Up Desain Web
4. Dasar TeoriWordpress
Wordpress merupakan sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. Lebih dari 30% website dibuatdi WordPress dan presentasenya masih akan terus meningkat!Secara umum, sistem manajemen konten adalah aplikasi web yang memperbolehkan pemilik, editor, dan author untuk mengelola website dan menerbitkan konten tanpa harus menguasai isltilah teknis dan bahasa pemrograman terlebih dulu
WordPress menggunakan PHP dan MySQL, yang ternyata didukung oleh hampir semua penyedia web hosting. Terdapat juga paket WordPress hosting yang menawarkan kelebihan dalam kecepatan, performa, dan keandalan website.
Kelebihan WordPress lainnya terletak pada tipe website yang bisa dibuat di platform ini. CMS ini memungkinkan Anda tak hanya membuat blog sederhana, tapi juga situs ecommerce, portofolio, newspaper, atau apa pun yang diinginkan.
Salah satu hal terbaik WordPress adalah CMS ini memiliki software antarmuka yang intutif dan mudah digunakan. Apabila Anda tahu cara menggunakan Microsoft Word, maka Anda tidak akan mengalamai kesulitan saat hendak mengoperasikan WordPress membuat dan menerbitkan konten semudah menjetikkan jari.
Selain itu, WordPress bersifat open-source dan bisa digunakan oleh siapa pun. Bahkan CMS WordPress memungkinkan jutaan orang di dunia untuk membuat website modern berkualitas tinggi - meski Anda masih pemula sekalipun.
Divi
Divi merupakan produk dari Elegant Themes yang digunakan untuk membangun theme dan juga membangun halaman website. Berdasarkan informasi yang ada di Elegant Themes kita dapat mempelajari fitur-fitur dari Divi Builder yaitu 
  1. Real Time Design, Ketika kita membuat perubahan disai padas suatu halaman, maka desain akan berubah secara instan pada saat itu juga. 
  1. Klik dan Ketik, Dengan menggunakan divi kita tidak perlu membuka panel untuk menambahkan content. Kita dapat dengan mudah melakukan klik dan memulai mengetik isi halaman.
  1. Customize Everything, Setiap elemen dapat dikuskom mulai dengan font, warna, ukuran, spacing dan juga custom CSS. 
  1. Responsive Editing,  Fitur ini akan menampilkan live responsive preview.
  1. Pengaturan yang Mudah, Kemudahan menambah baris dan kolom.
  1. Global Elemen, Sinkronisasi item yang bersifat global pada banyak halaman.
  1. 46 Content Element, Hingga pada tahun 2017, Divi memiliki 46 Content Elemen.
  1. Import dan Export,  Kita dapat menyimpan layout kedalam library untuk digunakan.
  1. Sedikit atau tanpa loading,  Divi Builder bekerja cepat, sehingga sedikit atau tanpa loading
  1. Premade Layouts,  Divi Builder menyediakan lebih dari 20 layout yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
Divi builder ini berbayar dengan harga terjangkau. Untuk membuat kita tenang dalam melakukan development website, kita dapat membayar dengna license unlimited dan lifetime. Setelah kita menyelesaikan berkaitan dengan license kita dapat mendownload divi builder dan salah satu theme dari Elegant Themes.
5. TugasMengubah mock up kedalam HTML
6. Hasil PraktikumBerikut ini adalah hasil mock up versi html yang kami kerjakan
7. KesimpulanAwalnya kami membuat aplikasi untuk mobile, sehingga untuk membuat websitenya kami tidak ada mockupnya. Akhirnya kami sesuaikan dengan mockup yang kami buat untuk aplikasi. Beberapa fitur masih belum ditampilkan karena masih dicari bagaimana caranya.
8. Referensi
  • WordPress, 2017 "Pengertian Divi Builder”, [online] diakses tanggal 16 Desember 2018, https://www.proweb.co.id/articles/wp/divi_builder.html
x

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prak 10 - Finishing Story Board

Prak 04 - Rangkuman Materi Design Thinking

Prak 11 - Membuat Story Board Animatic