Prak 13 - Rangkuman Materi Web Desain

Tujuan
Mengubah file gambar menjadi file HTML

Dasar Teori

Apa itu Wordpress? Mungkin ada dari kamu yang masih sama sekali belum tahu apa itu WordPress? Pertama kali saya membaca berita di tabloid pada tahun 2007 saya juga memiliki pertanyaan yang sama.
Jawaban singkat dan sedikit teknis dari pertanyaan Apa itu WordPress, WordPress adalah sebuah software/script yang bisa di-install di server/hosting untuk membuat website, website apa saja!
Dan untuk membuka wawasan, saya akan menulis lebih tentang berbagai organisasi di balik WordPress. Karena saya jadi semakin cinta WordPress dan membuat WPKamt.com setelah mengetahui siapa yang berkiprah di balik layar. Bagaimana komunitasnya semakin besar hingga kini (tahun 2016) menjadi platform yang dipakai 25% website di seluruh dunia ini.

Sejarah singkat WordPress

WordPress adalah sebuah software yang bisa kamu gunakan untuk membuat website, baik web pribadi, situs portal berita atau bahkan toko online sekalipun.
Tahun 2003 Matt Mullenweg menemukan WordPress karena kebutuhannya akan sebuah software publishing online. Saat itu b2 adalah salah satu software serupa yang telah dihentikan pengembangannya. Maka Matt bersama dengan beberapa rekannya melakukan forking pada code b2 dan jadilah WordPress.
Beberapa saat setelahnya, Movable Type, salah satu platform online publishing lainnya menerapkan harga untuk penggunaannya, maka makin banyak orang mencari alternatif yang gratis, WordPress adalah pilihan tepat saat itu.
Hingga saat ini WordPress berkembang sangat pesat dibawah perusahaan yang didirikan Matt, Automattic.Inc.

Automattic

Automattic adalah induk dari beberapa produk yang berkaitan dengan web. Beberapa software dan website penyedia layanan yang berkaitan dengan WordPress berada di bawah payung Automattic. Dua yang paling signifikan dalam perannya membesarkan WordPress adalah penyedia blog gratis dengan WordPress yaitu WordPress.com dan website komunitas WordPress.org

WordPress.com

Kalau kamu ingin mengetahui seperti apakah WordPress itu, kamu bisa mengunjungi WordPress.com dan mendaftar di sana. Kamu bisa mendapatkan sebuah blog dengan nama seperti bloghebat.wordpress.com secara gratis. Jika tidak, kamu bisa memilih nama lain seperti bloghebat.com dengan membayar biaya tahunan untuk domain dan hosting (disebut custom domain (domain mapping)/upgrade).
Pilihan nama domain custom itu adalah salah satu usaha bisnis dari WordPress, walaupun WordPress adalah sebuah software yang 100% gratis, open source, tapi untuk pengembangannya pasti juga diperlukan biaya.
WordPress.com adalah salah satu sumber penghasilan untuk mendukung kelangsungan development selain berbagai layanan berbayar lainnya.

Apa itu WordPress Self Hosted?

apa itu wordpressWordPress.org menjadi salah satu rujukan pertama bagi pengguna WordPress, selain beberapa blog yang fokus tentang WordPress seperti blog ini pastinya ðŸ™‚ Pengguna yang membuat blog dengan domain dan hosting sendiri bisa download WordPress, themes dan plugin dari sini.
Biasanya disebut juga dengan nama WordPress Self-Hosted (karena menggunakan hosting sendiri). Tinggal membeli hosting dan domain sendiri (yang relatif murah dari custom domain WordPress.com) lalu install WordPress di server, kemudian install themesdan plugin yang kamu perlukan.
Themes menjadikan design website/blog kamu bisa berubah semau kamu. Sedang dengan plugin kamu bisa menambahkan berbagai fitur tambahan yang belum ada dalam WordPress. Themes dan plugin inilah yang menjadikan WordPress fleksibel, bisa jadi blog biasa, website portal berita atau toko online sekalipun.
Kalau kamu menemukan masalah tertentu dengan WordPress yang kamu gunakan, bisa juga mencoba mencari solusinya melalui forum WordPress, dimana kadang ada pengguna lainnya yang akan membantu.
Bagi developer, di sinilah mereka men-submit karya-karyanya berupa themes dan plugin yang jumlahnya ribuan.
Di website ini juga para developer yang sebagian merupakan karyawan Automattic berdiskusi dan membahas tentang perkembangan WordPress ke depannya dipimpin oleh Matt. Kalau kamu nanti sudah canggih coding tentang WordPress bisa deh ikutan di make.wordpress.org.

WordCamp

Komunitas WordPress di berbagai kota di dunia berkumpul, kopdar, dalam acara yang disebut WordCamp sepanjang tahun. Mulai dari blogger, developer themes, translator, hingga penyedia hosting WordPress berkumpul dan berbagi aneka tips dan ceritanya dalam acara ini. Di Indonesia sudah dilakukan WordCamp tahun 2013, bulan November 2016, April 2017 di Bali lalu juga November 2017 di Jakarta.

Bisnis besar berbasis WordPress

Dalam direktori themes dan plugin itu ada yang memang memberikan themes dan plugin yang 100% gratis, ada yang menggunakannya untuk memajang beberapa ‘lite version’ dari produk berbayar mereka.
Bisnis berbasis WordPress mulai muncul pada tahun 2008 seingat saya, saat Justin Tadlock membuat Theme Hybrid dan Brian Gardner memperkenalkan Revolution themes yang kemudian berubah menjadi Genesis Framework. Setelahnya banyak website besar lainnya yang menyediakan themes premium, layanan web development berbasis WordPress, Hosting khusus WordPress yang dipelopori WPEngine dan masih banyak lagi.
Keunikan dalam dunia WordPress yang gratis namun bisa membentuk system ekonomi bagi mereka yang berkecimpung di dalamnya ini yang membuat WordPress semakin besar tiap harinya. Semua itu tak lepas dari perat Matt Mullenweg yang hingga saat ini menjadi penentu kebijakan tunggal dalam menentukan arah perkembangan WordPress.
Saya harap posting sederhana ini bisa menjadikan kamu paham lebih banyak tentang apa itu WordPress, bagaimana hebatnya Automattic yang hanya memiliki sekitar 260 karyawan di berbagai belahan dunia bisa bersatu mengembangkan proyek open source terbesar saat ini bisa menjadikan kamu makin cinta dengan WordPress.

Trademark WordPress

Walaupun domain dengan nama WordPress bisa kita beli (misal: blogtutorialwordpress.com) namun menggunakan kata WordPress utuh dalam sebuah domain merupakan sesuatu yang tidak disarankan sebagaimana disebut di sini. Akan tetapi jika memakai wordpress sebagai sub domain tidak apa-apa.
Jika terlanjur membeli disarankan untuk membuat versi lain dengan menyingkatnya menjadi wp saja (seperti wpkamt.com) kemudian mentransfer domain lama ke WordPressFoundation.org. Kenapa tidak boleh? Karena bisa membingungkan orang awam, dan memang pernah ada kasus dimana seseorang bisa dipaksa untuk membayar dengan $1.000 hingga $100.000.

WordPress vs Blogger

Selain ingin tahu apa itu WordPress banyak pula diperbincangkan perbandingan antara WordPress vs Blogger. Blogger adalah salah satu platform ngeblog yang juga sangat populer dari dulu. Blogger dimiliki oleh Google dan terintegrasi dengan berbagai layanan Google lainnya.
Blogger biasanya tampilan-nya menggunakan template yang memiliki tampilan biasa-biasa saja yang bisa dipilih dari area adminnya, walau  bisa diganti dengan menggunakan menu edit HTML namun saya merasa tetap saja kurang flexible dan nyaman.
Dibanding WordPress self hosted yang memiliki ribuan themes gratis dan juga berbayar serta ditambah dengan adanya plugin untuk menambahkan fitur dan fungsionalitas baru, blogger adalah pilihan yang salah untuk sebuah website profesional.
Apalagi diperparah dengan tidak adanya kendali pemilik blog atas konten websitenya, sewaktu-waktu akun Google anda diblokir, atau isi blog dirasa melanggar TOS maka bisa saja semua tulisan kamu dihapus Google.
Referensi

  • Kamtiyono, Tiyo , 2014 “Apa itu Wordpress? Sejarah dan Semuanya yang Wajib Kamu Tahu", [online] diakses tanggal 18 November 2018, https://wpkamt.com/apa-itu-wordpress/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prak 10 - Finishing Story Board

Prak 04 - Rangkuman Materi Design Thinking

Prak 11 - Membuat Story Board Animatic